Cool Cigar Smoking With Shades On Monkey

Senin, 09 Oktober 2017

Pengertian dan Fungsi Nutrisi bagi Tubuh

PENGERTIAN DAN FUNGSI NUTRISI BAGI TUBUH

Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini pasti membutuhkan nutrisi atau gizi untuk keberlangsungan hidupnya. Karena nutrisi merupakan substansi organik yang berperan dalam semua sistem kerja pada tubuh agar prosesnya berlangsung secara normal. Nutrisi juga memiliki andil dalam pertumbuhan dan dalam menjaga kesehatan tubuh. Subtansi atau zat yang diambil oleh sel dari lingkungannya kemudian digunakan dalam reaksi katabolik atau anabolik untuk kehidupan.

Menurut para ahli, nutrisi adalah sebuah ikatan kimia yang dibutuhkan tubuh supaya fungsi organ atau sistem dalam tubuh dapat berjalan secara normal. Nutrisi juga digunakan sebagai bahan

pembentuk energi dimana setiap jaringan yang terdapat didalam tubuh membutuhkan energi agar dapat berkeja secara maksimal dan optimal. Nutrisi juga dapat dikatakan sebagai suatu proses organism yang menggunakan objek utamanya yaitu makanan yang sering dikonsumsi dalam kondisi yang normal, dengan menggunakan proses degesti, absorsi serta metabolisme yang pada nantinya akan membuang beberapa zat yang memang tidak digunakan oleh tubuh.

Secara umum, nutrisi dibedakan menjadi dua tipe dasar yaitu:
  • Bahan anorganik yang diserap oleh organisme autotrofik seperti tanaman dan mikroorganisme tertentu untuk digunakan dalam reaksi sintetis dan metabolisme.
  • Biomassa yang dicerna sebagai makanan oleh binatang (termasuk manusia) dan mikroorganisme heterotrofik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara makanan dan minuman dalam pencegahan penyakit kronis yang diderita oleh seseorang. Pemenuhan nutrisi yang mencapai level optimal atau dikenal dengan istilah Optimal Daily Allowance(ODA), mampu mencegah dan menangani penyakit kronis yang disebabkan oleh banyaknya radikal bebas di dalam tubuh. Peran nutrisi dalam hal ini adalah mencegah dan menangani stress oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas yang selanjutnya dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kronis. Dalam penanganan penyakit, penggunaan nutrisi sebagai pengobatan komplementer dapat membantu efektifitas dari pengobatan dan pada saat yang bersamaan mengatasi efek samping dari pengobatan. Sehingga terdapat hubungan antara kesehatan yang prima dengan peningkatan kualitas hidup. Pengukuran mengenai hal ini dapat dilakukan dengan metode antropometri.



Fungsi Nutrisi Bagi Kesehatan Tubuh
Diatas telah dijelaskan secara singkat mengenai apa fungsi nutrisi bagi kesehatan tubuh manusia. Nutrisi adalah zat yang menjadi asupan utama bagi tubuh seseorang dalam melakukan berbagai kegiatan sebagai pembentuk energi penting. Oleh karena itu, nutrisi memiliki fungsi yang beragam bagi tubuh manusia, seperti sebagai proses pengambilan zat-zat makanan yang penting, yang dibutuhkan organisme untuk bergerak dan hidup normal.

Akan tetapi, nutrisi ini sangat berbeda dengan makanan yang dimakan seseorang tiap harinya. Nutrisi merupakan bagian dari apa yang terkandung dari makanan yang dikonsumsi seseorang. Bagi ibu hamil, nutrisi sangat berperan penting untuk kesehatan dan perkembangan janin yang sedang dikandungnya. Peran nutrisi bagi ibu hamil bukan semata hanya untuk pertumbuhan dan perkembangan janin saja, akan tetapi juga bagi sang ibu. Kekurangan nutrisi pada saat masa kehamilan akan beresiko terhadap munculnya berbagai macam penyakit dan bahkan menimbulkan resiko pada saat proses melahirkan. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk mengatur menu makan ibu hamil agar terhindar dari kekuran gizi / nutrisi pada masa kehamilan.

Nutrisi Bagi Kesehatan
Pengertian akan nutrisi tidak hanya sebatas dari para ahli gizi atau peneliti kesehatan saja. Namun pengertian ini juga meluas khususnya bagi dunia kesehatan. Nutrisi bagi kesehatan adalah semacam asupan penting yang terdapat pada makanan yang sering dikonsumsi oleh kita. Berisi zat-zat penting seperti vitamin, mineral, karbohidrat dan lainnya. Pengetahuan akan pengertian nutrisi memang perlu kita ketahui sebagai pengatur pola makanan.Kebutuhan nutrisi bagi tubuh manusia tentu sangat penting sebagai penunjang berbagai aktifitas dan kesehatannya. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh juga memiliki kadar yang jelas dan berguna bagi tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang sebenarnya tidak benar-benar memiliki nutrisi yang jelas. Hal ini akan sangat memprihatinkan jika selalu kita konsumsi dalam rentan waktu yang lama. Bagaimana pun juga nutrisi penting adalah kebutuhan yang tidak boleh dilewatkan. Nutrisi berfungsi untuk menjaga metabolisme dalam tubuh sebab didalam nutrisi terdapat zat dan hal-hal penting untuk diserap. Fungsi organ bagian dalam tubuh juga akan tetap terjaga jika pemenuhan akan nutrisi tersebut stabil dan jelas adanya.

Cara Kerja Nutrisi
Kebutuhan nutrisi setiap harinya berbeda-beda dari jenis makanan yang kita konsumsi. Namun pada dasarnya jenis makanan yang cukup nutrisi akan sama jumlahnya dengan makanan yang sebelumnya kita makan. Adapun cara kerja nutrisi juga berdasarkan zat apa yang masuk dalam tubuh sebab semua itu memiliki fungsinya sendiri. Seperti karbohidrat yang terdapat pada beras, umbi-umbian dapat membuat tubuh berenergi dan akan menimbulkan efek kenyang setelah memakannya. Karbohidrat semacam ini merupaka kebutuhan pokok yang disandang oleh manusia. Selain itu ada pula lemak, zat ini juga berfungsi sebagai penambah energi untuk tubuh yang terdapat pada makanan. Ada mineral dan vitamin yang terdapat dalam air dan buah-buahan serta sayur-sayuran. Hal ini bertujuan sebagai kelancaran metabolisme dalam tubuh serta mengurangi dampak dehidrasi yang mungkin kita alami.

Dampak Dari Nutrisi Yang Rusak Pada Makanan
Tidak semua jenis makanan memiliki nutrisi yang optimal. Ada pula jenis makanan yang rusak nutrisinya dan memang tidak memiliki nutrisi sama sekali. Dalam cara memasak makanan pun juga kita harus perhatikan, jangan sampai memasaknya terlalu lama sehingga vitamin dan mineral yang semula lengkap akan hilang begitu saja. Ada pun untuk makanan yang tidak begitu jelas kadar nutrisinya akan berdampak baruk bagi kesehatan kita. Awal dari terjadinya gangguan kesehatan dapat bermula dari nutrisi yang tidak kita dapat pada makanan yang dikonsumsi atau hilangnya nutrisi tersebut. dampak jangka panjang atau pun saat ini bisa kita rasakan akibat mengkonsumsi makanan yang tidak cukup akan nutrisi. Gangguan pencernaan, metabolisme tubuh terganggu, dehidrasi, jantung, liver, gagal ginjal, fungsi hati dan pankreas terganggu. Semua itu akibat dari nutrisi yang tidak terserap optimal dalam tubuh dan kurang memperhatikan kadar nutrisi pada makanan. Bagaimana pun juga kebutuhan nutrisi merupakan hal utama sebagai pola hidup sehat.

Video Manfaat Nutrisi bagi Tubuh


http://www.firdaus45.com/2015/03/apa-itu-nutrisi-dan-apa-fungsi-nutrisi_26.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar