Cool Cigar Smoking With Shades On Monkey

Senin, 09 Oktober 2017

Kebutuhan Energi yang Dibutuhkan Manusia

KEBUTUHAN ENERGI YANG DIBUTUHKAN MANUSIA


Kebutuhan Nutrisi ManusiaKebutuhan nutrisi seseorang dapat dipenuhi dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin dan Serat.  

Karbohidrat: Merupakan sumber energi utama tubuh yang tersusun dari unsur Carbon (C), Hidrogen(H), dan oksigen (O). Karbohidart bersumber dari makanan seperti beras, jangung, gandum, kentang, Dll. 

Protein: Di dalam tubuh, protein berperan sebagai pertumbuhan, penyembuhan luka, regenerasi sel, menghasilkan enzim dan hormon untuk
metabolisme tubuh juga sebagai sumber energi. Saat tubuh kekurangan protein, maka pertumbuhan tulang akan terganggu dan menyebabkan tulang keropos serta kerontokan. Protein dapat diperoleh dari hewan atau dari tumbuh-tumbuhan.

Sumber protein berasal dari hewan dan juga dari kacang-kangan. Protein yang berasal dari hewan disebut protein hewani, misalnya daging, susu atau telur. Sedangkan protein dari tumbuhan disebut protein nabati yang terdapat pada kacang-kacangan. Protein hewani mengandung asam amino essensial lebih dibandingkan protein nabati.

Protein adalah komponen ke dua terbesar penyusun tubuh setelah air. Setiap 1 kg berat seseorang membutuhkan kurang lebih sebanyak 1 gr kalori. 1gr protein menghasilkan kuranglebih 4 kalori dari kebutuhan kalori total seseorang. Agar mendapatkan protein dengan jumlah maksimal, hindari memasak dengan susu tinggi dan menggunakan banyak minyak. Suhu tinggi dan minyak dapat merusak protein yang terdapat di dalam masakan yang sedang dimasak. Untuk makanan berprotein, disarankan untuk memasak dengan cara mengukus atau memanggang.

Lemak: Lemak berfungsi untuk melindungi organ tubuh, dan terkadang digunakan sebagai energi cadangan. Seperti saat kita sedang kelaparan dan diburu seekor anjing, tiba-tiba energi seolah kembali sehingga kita sanggup untuk berlari.

Tidak selamanya lemak berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Lemak akan berdampak buruk apabila jumlahnya melebihi batas dari kebutuhan total tubuh Anda. Lemak yang tercukupi berguna dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, dan menjaga suhu tubuh Anda tetap normal. Lemak juga berperan sebagai pelarut vitamin A, D, E, K dan membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Setiap 1 gr lemak menghasilkan kuranglebih 90 kalori. Kebutuhan lemak seseorang kurang lebih 20-30% dari total kebutuhan kalori.

Usahakan untuk tidak mengkonsumsi lemak melebihi 35% dari total kebutuhan kalori harian Anda.

Angka kecukupan gizi
Berbicara mengenai kebutuhan gizi, setiap orang tentu memiliki kebutuhan gizi yang beragam. Angka Kecukupan Gizi (AKG) atau Recommended Dietary Allowances (DRA) merupakan kecukupan rata-rata zat gizi perhari bagi hampir semua orang sehat (97,5%) menurut golongan umur, jenis kelamin, ukuran tubuh aktifitas fisik, genetik dan keadaan fisiologis untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal.

Angka kecukupan gizi yang dihitung oleh badan nasional Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) dilakukan secara berkala setiap 5 tahun sekali. Perhitungan AKG dimulai pada tahun 1978 dan merupakan perhitungan asupan rata-rata perhari yang dikonsumsi oleh suatu populasi dan bukan kebutuhan gizi perorangan.

Sedangkan kebutuhan gizi merupakan kebutuhan zat gizi minimal yang perlu dikonsumsi oleh setiap individu. Perbedaan kebutuhan gizi setiap individu dipengaruhi oleh faktor genetik. Keberadaan AKG bagi masyarakat adalah sebagai anjuran kepada setiap warga untuk mengetahui kebutuhan gizi rata-rata perharinya yang harus dipenuhi. Adanya AKG juga dapat digunakan oleh masyarakat untuk merencanakan pemberian makanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi. Pada tahun 2013, rata-rata kecukupan energi dan protein penduduk Indonesia sebesar 2150 Kilo kalori dan 57 gram protein perorang perhari pada tingkat konsumsi.

Menghitung kebutuhan gizi
Kebutuhan gizi perhari berkaitan dengan kebutuhan kalori yang diperlukan oleh seseorang untuk melakukan aktivitas dalam satu hari. Menghitung kebutuhan energi yang diperlukan dalam satu hari dapat menggunakan teori berat badan relatif. Perhitungannya yaitu membagi berat badan dengan tinggi badan dikalikan 100%

BBR = BB/TB X 100%

BBR : berat badan relatif
BB   : berat badan
TB   : tinggi badan

Kriteria yang digunakan dalam menghitung berat badan relatif yaitu
Kurus (underweight) : BBR < 90%
Normal (ideal) : BBR 90 – 110% 
Gemuk (overweight) : BBR > 110% 
Obesitas : BBR > 120%

Video Kebutuhan Energi Manusia


http://www.firdaus45.com/2015/03/apa-itu-nutrisi-dan-apa-fungsi-nutrisi_26.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar